Rabu, 08 Desember 2010

10 Strategi Dahsyat untuk melipatgandakan motivasi dari dalam diri Anda

Rekan-rekan sekalian, bila tulisan ini bermanfaat dan dirasakan positif, mohon kiranya bisa di-"SHARE" (disebarkan/ditularkan) kepada teman-teman lain sebagai bagian dari amal positif kita ke lingkungan sekitar kita.

Bayangkan bila setiap dari teman kita yang membaca melakukan hal yang sama ... akan luar biasa dampaknya terhadap tumbuhnya lingkungan positif di sekitar kita, bahkan di negeri yang kita cintai ini akan penuh dengan positif.

-------------------------------------

10 Strategi Dahsyat untuk melipatgandakan motivasi dari dalam diri Anda

1. Ciptakanlah kebiasaan untuk melakukan positive affirmation (pengulangan positif) setiap hari khususnya pada pagi hari. Katakanlah, “Saya akan menjalankan hari ini dengan antusiasme yang tinggi dan siap mengambil tindakan atas setiap kesempatan yang diberikan.” “Kegagalan hanyalah batu loncatan mencapai kesuksesan.” Atau, “Saya adalah seorang juara dan hanya yang terbaik yang saya berikan untuk hari ini.” Ingatlah, pikiran bawah sadar kita adalah penggerak kesuksesan dan kegagalan kita. Masukkanlah pikiran-pikiran yang memperkuat pencapaian sukses Anda.

2. Pergunakanlah kata-kata positif dengan mengganti perbendaharaan kata-kata negatif Anda. Sebuah survey menemukan bahwa kebanyakan orang menggunakan kata-kata negatif (demotivasi) sebanyak 75% dalam percakapan mereka sehari-hari. Gantilah kata “masalah” menjadi “tantangan”, kata “halangan” menjadi “kesempatan”, “tidak mungkin” menjadi “mungkin”, “tidak mampu” menjadi “mampu”. Dengan menggunakan kata-kata positif, Anda mampu mengendalikan pikiran, perasaan, dan tindakan Anda kea rah yang positif. Oleh karena itu, hindarilah orang-orang negatif yang dapat menularkan kata-kata negatif yang menghancurkan motivasi Anda.

3. Lakukanlah olahraga secara rutin minimum 15 menit tiga kali dalam seminggu. Suatu survey yang dilakukan oleh Gallup menemukan bahwa mereka yang berolahraga, 66% merasa lebih rileks, 62% menemukan energy baru, 51% mempunyai penampilan yang lebih menarik, dan 37% menjadi lebih kreatif di dalam pekerjaannya. Ingatlah, jika Anda merasa kurang semangat, BERGERAKLAH!

4. Ambillah resiko dalam hidup Anda. Seringkali demotivasi dating menghantui kita karena seringnya kita mengerjakan pekerjaan yang bersifat rutinitas. Kita sering terjerat di dalam zona nyaman, dengan berusaha menghindar dari resiko baru dan menjauhkan diri dari kegagalan. Mulailah dari hal yang mudah, sebagai contoh ambillah rute baru yang berbeda ke tempat kerja Anda, cobalah kegiatan atau hobi baru dalam hidup Anda, bergaullah dengan teman baru yang mungkin berada di luar profesi Anda. Mulanya mungkin menjadi hal yang sulit dan tidak enak, namun lama kelamaan akan menjadi kebiasaan yang dapat terus memotivasi hidup ini.

5. Penuhilah waktu dan pikiran Anda dengan bacaan-bacaan yang positif, seminar-seminar motivasi dan pengembangan diri, dengarkanlah musik-musik yang menambah motivasi dalam diri Anda. Buku-buku cerita sukses mengenai orang-orang yang berhasil keluar dari kegagalan-kegagalan hidup, hal ini pasti akan memompa semangat Anda.

6. Lakukanlah visualisasi terhadap apa yang Anda ingin capai. Makin sering Anda melakukannya makin tinggi intensitasnya, Anda akan lebih termotivasi untuk mewujudkannya dengan segera. Carilah gambar-gambar yang mengasosiasikan tujuan Anda, kemudian tempellah di tempat-tempat yang mudah terlihat dan bawalah di saku Anda dan lihatlah sesering mungkin. Pikirkanlah tujuan Anda setiap hari, visualisasikan langkah-langkah untuk mencapainya, visualisasikan perasaan Anda ketika Anda berhasil mendapatkan tujuan Anda, dan visualisasikan juga keuntungan yang Anda akan peroleh; hal ini sudah cukup untuk membakar motivasi yang lemah menjadi terbakar. Ingatlah, jika Anda tidak menyediakan waktu untuk memvisualisasikan tujuan Anda, maka tujuan Anda tidak akan pernah terjadi !

7. Gunakanlah filosofi “Think Big”, bersikaplah optimis dalam menghadapi tantangan hidup ini. Seorang juara tidak menghabiskan waktunya untuk berkeluh kesah dan memikirkan masalah yang dihadapinya, melainkan fokus terhadap solusi dan kesempatan yang tersedia. Arahkan dan fokuskan pikiran Anda pada tujuan Anda, maka motivasi tersebut akan muncul dengan sendirinya. Ingatlah, dengan berprinsip “Think Small” Anda akan mendapatkan hasil yang kecil. Jadi, putuskan untuk selalu berpikir besar (Think Big).

8. Buatlah target yang mendorong atau memberikan inspirasi kepada Anda. Buatlah taget itu jelas, terinci, terukur, realistis dan mempunyai batas waktu (SMART = Specific Measurable Achievable Realistic Time Bound). Janganlah mempunyai target yang mengambang dan tidak jelas. Bagilah target Anda menjadi beberapa bagian sehingga terasa realistis dan memompa motivasi kita untuk mewujudkannya.

9. Jagalah penampilan diri Anda, seorang yang sukses berhati-hati dalam penampilan dan gerak tubuhnya. Jalanlah sedikit lebih cepat, senyumlah dengan semangat, tariklah napas yang panjang, tegakkanlah postur tubuh Anda, ubahlah tatapan mata Anda sehingga menjadi lebih bersemangat. Dengan melakukan hal-hal tersebut, Anda akan meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi Anda akan bertambah. Ingatlah, “You’ve got to fake it, till You make it.” Jadi, perlihatkanlah tampilan sukses Anda !

10. Ambillah tindakan setiap hari agar semakin dekat dengan tujuan Anda. Tidak penting seberapa besar tindakan Anda, selama Anda terus memikirkannya dan mengambil tindakan yang konkrit untuk mewujudkannya, Anda pasti termotivasi.

Lakukanlah 10 strategi ini, saya yakin Anda akan menemukan motivasi dahsyat dari dalam diri Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar