Senin, 13 Desember 2010

Diet Dasar untuk Diabetes



Pola makan yang baik untuk diabetes dibagi tiga :
  • Apa yang Anda makan : diet Anda akan membawa perbedaan yang besar. Anda seharusnya makan banyak sumber makanan nabati, mengurangi karbohidrat olahan dan minuman manis serta memilih lemak sehat.
  • Kapan Anda makan : Diet juga mencakup waktu makan. Menjaga makan teratur serta waktu untuk menikmati kudapan di waktu yang teratur akan mempengaruhi kadar gula darah. Ini akan membantu menjaga secara konstan kadar gula darah di level aman.
  • Berapa banyak Anda makan : porsi makanan berpengaruh. Meskipun Anda makan makanan yang sangat sehat, kalau porsi makanan Anda berlebihan, pastinya akan menambah atau kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan menjadi faktor yang cukup berbahaya dalam diabetes.
Anda tidak perlu makanan khusus, melainkan hanya perlu menambahkan sayuran, buah-buahan dan gandum utuh. Diet untuk diabetes cukup sederhana, cukup dengan perencanaan makan yang sehat dengan meningkatkan nutrisi, mengurangi lemak, dan cukup kalori. Diet ini sehat untuk siapa saja.
Lalu apa saja mitos dan fakta seputar diet untuk diabetes?
Mitos : Anda harus menghindari gula dengan segala cara.
Fakta : Kabar baiknya, Anda masih bisa menikmati makanan (manis/bergula) favorit, selama Anda mampu merencanakan dan menjadwalkannya dengan baik. Kunci ketika makan makanan pencuci mulut atau makanan manis adalah dengan memastikan bahwa itu adalah bagian dari rencana makan yang sehat atau dikombinasikan dengan olahraga.

Mitos : Diet tinggi protein adalah yang terbaik.
Fakta : Penelitian telah menunjukkan bahwa makan terlalu banyak protein, terutama protein hewani, sebenarnya dapat menyebabkan resistensi insulin. Resistensi insulin ini yang menjadi faktor berbahaya dalam diabetes. Diet yang sehat mencakup protein, karbohidrat dan lemak. Tubuh kita membutuhkan ketiganya untuk fungsi tubuh yang normal. Kuncinya adalah diet yang seimbang.

Mitos : Anda harus memotong segala asupan karbohidrat.
Fakta : Sekali lagi, kunci menjaga diabetes adalah makan diet secara seimbang. Ukuran penyajian dan jenis karbohidrat yang Anda makan menjadi penting dalam pertimbangan diet. Fokus pada karbohidrat dari gandum utuh, karena makanan ini menjadi sumber serat yang baik serta dicerna oleh perut dengan perlahan, menjaga kadar gula darah lebih merata.

Mitos : Anda tidak akan bisa lagi makan normal. Anda perlu makanan khusus diabetes.

Fakta :  Prinsip makan yang sehat adalah sama – apakah ada pada level mencegah atau mengendalikan diabetes. Makanan khusus diabetes atau makanan diet yang mahal biasanya tidak memiliki manfaat khusus. Anda dapat dengan mudah makan bersama keluarga dan teman-teman tanpa takut diet anda terganggu, selama Anda mengenal takaran yang harus Anda asup dan makan dengan porsi sedang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar